Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Q & A CPNS Kemenag Tahun 2024: Resume Pembahasan Tanya Jawab CPNS Kemenag di Live IG & VT 06 September 2024

Assalamualaikum

Salam Sejahtera Sahabat Semua.

Alhamdulillah ini ada informasi yang menggembirakan untuk kita semua terutama untuk para Peserta yang akan mendaftar di CPNS Kemenag Tahun 2024, pada tanggal 06 September 2024 mulai pukul 14.00 s.d. 15.00 WIB kemenag mengadakan sosialisasi via live IG dan VT. Berikut adalah hasil ringkasan Q & A dari pembahasan tersebut.

RINGKASAN PEMBAHASAN Q & A
LIVE IG & VT KEMENAG 
Q & A CPNS KEMENAG 2024

Q : Poin 5 kalau bukan dari PPPK bolehkah menambahkan kata kata lain?
A : Tidak Perlu, dikosongkan saja / hapus saja. Sesuai keterangan dari surat lamaran yah

 Q : Untuk disabilitas apakah boleh mental atau fisik saja?

A : Bisa asal menyesuaikan dengan jabatanya secara umum. Kemenag memberikan untuk disabilitas, sesuai ketentuan syarat yaitu ada keterangan dari rumah sakit yang menjelaskan Tingkat kedisabilitasnya kemudian apakah linier atau tidak dengan formasi yang dilamar, maka yang dapat menjawab itu adalah dari RS / Dokter RS. Kedua diminta untuk mengirimkan video kegiatan sehari-hari untuk pertimbangan panitia

Q : linieritas jurusan pendidikan, contoh misalkan lulusan perbankan syariah, bisakah mendaftar ke hukum ekonomi syariah dll.

A : mohon tidak berpatokan pada gelar, tapi yang menjadi dasar Prodi/Jurusan lihat di Ijazah. Prodi ini harus disesuaikan dengan rincian formasi jabatan yang diumukan kemenag lihat kolom kualifikasi pendidikan (Prodi). Contoh diatas itu berbeda Prodi. Kalau ada perubahan nomenklatur/regulasi Prodi maka minta surat keterangan dari Prodi lalu di jadikan satu dengan file Ijazah untuk diunggah di web sscasn. Kalau yang benar2 berbeda maka tidak bisa minta surat keterangan dari kampus

Data Pelamar di Kemenag Per 14.00 tgl 06 September 2024 itu sudah diangka 148.000.

Q : PPPK yang mau mendaftar seleksi CPNS, surat keterangan diupload di bagaimana?

A : Bisa ikut asal memenuhi syarat, sudah 1 tahun, mendapatkan izin dari PPK/PyB. Haru ada izin. Cara mengajukan izin, silahkan ajukan ke pimpinan satkernya masing-masing ke Kanwil atau nomor kontak yang di miliki oleh Kanwil, kalau dari PT itu bisa mengajukan izin dulu ke Pimpinan Satkernya, nanti pimpinan itu yang akan menyampaikan kepada pantia casn kemenag untuk dibukakan di sistem di web. Surat tidak diupload yah hanya disampaikan ke pada Kemenag agar dibukaan kunci untuk bisa mendaftar.

Q : Frash Graduate kalau ijazah belum keluar baru ada SKL, apakah bisa mendaftar dengan SKL?

A : tidak bisa, syaratnya Ijazah, kalau belum terbit disarankan nanti saja tahun yang akan datang

Q : Ukuran foto?

A : tidak ada ketentuan asalkan sesuai dengan ketentuan di web sscasn, dan ingat tidak blur ya harus jelas. Yang penting pakaian formal dan latar belakang merah

Q : untuk daftar lulusan terbaik, akrednya harus a semua atau unggul, sedangkan lulusan perguruan tinggi luar negeri, apakah akreditasinya bisa diganti dengan ijazah yang sudah disetarakan

A : kalau dari luar negeri bukti akreditasi adalah surat penyetaraan dari kemendikbud atau kemenag atau Kementerian terkait

Q : yang sudah punya serdik, apakkah ada poin tambahan atau tidak untuk di SKB

A : soal pengalaman jabatan tentu bagi yang sudah memiliki serdik itu memiliki pengalaman yang lebih lama jadi punya nilai pengalaman kerja yang dimiliki, tapi prinsipnya semua punya kesempatan

Q : terkait Agama, mau mendaftar di sekolah tinggi negeri beda agama pa boleh?

A : lihat persyaratan, contoh jika dosen jurusan umum tidak akan mempersyaratkan agama, tapi kalau sudah dosen jurusan tertentu seperti mata kuliah agama maka ini ada persyaratan agama. Lihat kualifikasi pendidikan ya. Kalau untuk umum dan tidak dipersyaratkan maka dibolehkan 

Q : surat lamaran apakah ada font tertentu atau margin berapa?

A : tidak ada aturan secara spesifik, yang diatur hanya formatnya saja, yang penting semua format terpenuhi semua sesuai ketentuan yah dan terbaca dengan baik. Dan yang ada di lembar surat terpenuhi semua. Substansi terbaca dan jelas dan tertuang dengan baik.

Q : Kenapa Satkernya tidak dimunculkan?

A : karena kemenag sifatnya vertical, mengelompokan formasinya berdasarkan kantor wilayah provinsi. Nanti penempatannya dalam kab/kota di wilayah kanwil provinsi tersebut.

Q : untuk akreditasai, apakah boleh screenshot atau sertifikat banpt atau keterangan dari kampus

A : baca poin G di persyaratan dalam pengumuman kemenag. Jawabanya Boleh selama itu membuktikan bahwa itu adalah asli hasil akreditasi PT nya, dan pada saat lulus kuliah harus masih yang berlaku.

Q : tes SKBnya bagaimana, berlaku untuk semua formasi atau tidak?

A : berlaku untuk semua jabatan di kemenag, yg membedakan hanya jenis praktik kerjanya saja sesuai standar masing2 jabatan. Bisa lihat peraturan yang jadi jabatan tersebut untuk praktik kerjanya.

SKB : CAT BKN (50%) + PRATIK KERJA PERSPEKTIF MODERASI BERAGAMA (40%) + WAWANCARA PERSPEKTIF MODERASI BERAGAMA (10%)

LOKASI TES SKB : SATUAN KERJA TERDEKAT

Q : kalau sudah daftar CPNS tidak lulus, apakah bisa daftar PPPK?

A : tidak bisa selama dalam periode yang sama. Misalkan sekarang tahun 2024, dan PPPK juga dibuka di tahun 2024, maka tidak bisa melamar di PPPK lagi. Kecuali tahun depan itu bisa.

Q : nama di KTP dan Ijazah Berbeda?

A : itu ada form pengisian yang berbeda di webnya, jadi gak ada masalah yah

Q : formasi penyuluh agama itu seperti apa, kalau tidak punya basic boleh mendaftar tidak ?

A : sebelum melamar pastikan sudah membaca aturan jabatan tersebut agar siap dan tahu, agar jika ada kesesuaian dan mampu maka silahkan daftar, tapi kalau tidak maka pilihlah jabatan yang lain yang sesuai dengan kompetensi pelamar.

 Q : Pendidikan Terakhir?

A : pendidikan terakhir adalah pendidikan yang digunakan untuk melamar.

Q : Scan dokumen apakah harus scan computer atau boleh dari HP atau tools lainnya?

A : Scan Dokumen : Prinsipnya utamanya adalah Dokumennya Jelas Dan Terbaca Dengan Baik Jangan Sampai Blur Atau Terlalu Kecil, Maka Boleh Menggunakan Camscanner Dari Hp Atau Scaner Komputer Atau Tools Apapun, Maka Sebelum Diunggah Direview Dulu Yah Untuk Melihat, Sebelum Unggah

 Q : S1 pertanian mau melamar formasi penjaminan mutu halal, apakah fakultas pertanian saja atau prodi nya saja

A : jangan terjebak dengan gelar yah, jadi intinya Prodinya yah bukan fakultasnya. Karena yang terakreditasi adalah prodinya bukan fakultasnya

 Q : Formasi kemenag sudah keluar semua ya, soalnya ada perbedaan antara rincian dan di sscasn?

A : secara sistem kalau sudah ada pengumuman itu sudah sesuai dan sudah terbit semua

 Q : tanda tangan apakah boleh elektronik atau basah semua?

A : tanda tangan adalah asli dari pelamar, bukan elektronik bukan scan juga.

 Q : untuk tes SKB apakah harus ke pusat bagi yang pelamar di pusat atau cukup di kanwil?

A : Lokasi Tes Skb : Satuan Kerja Terdekat

Q : Jurusan Manajemen Pendidikan Islam konsentrasinya Bimbingan Konseling, apakah boleh daftar ke Bimbingan konseling ?

A : untuk Ijazah yang menjadi syarat utama adalah program studi. Kalau Jurusan MPI maka yang sesuai dengan MPI di kualifikasi pendidikannya yah.

Q : Bagaimana kalau saat lulus kampusnya belum akred? Apa yang dipilih?

A : lihat pengumuman yah. Bukti Sertifikat Akred PT dan/ Prodi Terakreditasi. Silahkan cek di BAN PT. karena harus saat yang bersangkutan lulus sudah terakreditasi.

Q : kalau PPPK ikut CPNS tahun ini apakah gajinya akan distop?

A : untuk pppk yang ikut seleksi cpns gaji dan tunjangan tidak dihilangkan kecuali sudah dinyatakan lolos seleksi cpns dan tidak menganggu kinerja nya selama proses  seleksi cpns. Ketika tidak lolos seleksi maka kembali lagi ke PPPK di satker setempat.

Q : kualifikasi pendidikan S-1, apakah semua formasi bisa masuk untuk jurusna S-1 pendidikan?

A  : dasarnya mohon lihat ijazahnya Prodi nya apa? Dan cek dengan kualifikasi pendidikan di formasi jabatan yang mau dilamar. Jadi intinya kalau Prodinya sama dengan kualifikasi pendidikan formasi yang mau dilamar berarti aman dan bisa.

 Q : Riwayat Kerja apa wajib diisi?

A : untuk Riwayat Kerja/Pengalaman kerja tidak wajib diisi, tapi kalau punya pengalaman mau diisi silahkan kalau sudah memiliki pengalaman, tapi kalau belum ada pengalaman tidak perlu diisi.

RESUMENYA :
  1. Untuk guru tidak harus memiliki serdik, yang mana freshgraduate boleh daftar. 
  2. Dalam penentuan formasi, lihat jurusan atau program studi di ijazah, bukan gelar (S.H, S.E, dll.) Karena peraturan terbaru berdasarkan program studi. 
  3. Materai Kemenag sejumlah 3. Yang mana dalam penggunaannya sebaiknya sama, jika 1 ematerai maka semua ematerai, jika materai fisik gunakan semua materai fisik. 
  4. Pendaftaran kemenag dimulai 1 sep-14 sep pukul 23.59 WIB 
  5. SKD dilaksanakan di titik lokasi terdekat, SKB dilakukan di masing-masing satuan yang didaftar. 
  6. Jenis ketenagaan pada surat lamaran ditulis formasi yang diinginkan misal Pranata blablabla dan diikuti tempat satuannya misal sekretariat Jenderal. 
  7. Surat lamaran hanya 4 poin untuk non p3k tanpa ditambahi akreditasi. 
  8. Jangan memakai materai bekas yang habis digunakan karena bisa menjadi alasan TMS administrasi. 
  9. Surat pernyataan pada bagian suami/istri/wali/orangtua dicoret bagi yang tidak digunakan. Misal yang ttd ortu, coret semua kecuali ortu. 
  10. Perkara prodi Manajemen Dakwan dan Manajemen Dakwah Islam, bisa memintakan surat keterangan dari kampus jika kedua prodi tersebut memang sama. 
  11. Pendaftaran CPNS harus menggunakan Ijazah, tidak boleh surat keterangan lulus, apabila belum terbit bisa mengikuti seleksi yang akan datang. 
  12. Foto berpakaian formal, untuk ukuran foto tidak berpengaruh berapapun asal formal dan background merah saja. 
  13. Untuk lulusan terbaik yang lulusan luar negeri, akreditasi A jurusan dan kampus bisa dari surat penyetaraan terkait akreditasi dari instansi (kmenterian) yang berwenang. 
  14. Yang memiliki sertif guru baik PPG dll akan menjadi pertimbangan namun prinsipnya semua memiliki persamaan kesempatan. 
  15. Font surat lamaran dan Margin tidak diatur jadi terserah mau pakai apa saja yang penting jelas dan bisa dibaca. 
  16. Apabila melamar di Kanwil Jawa Tengah misalnya, akan ditempatkan di Jawa Tengah, tidak mungkin diluar Provinsi tersebut.  Untuk pembagiannyangikuti berdasarkan kebutuhan posisi. Misal melamar di UIN Bandung maka akan ditempatkan di UIN Bandung tersebut. 
  17. Untuk bukti Akreditasi kampus dan jurusan boleh screenshot dari BANPT dan boleh Sertifikat dimana tahunnya harus sesuai dengan kelulusan pelamar bukan yang terbaru. 
  18. Tes SKB CAT, moderasi beragama, wawancara berlaku untuk semua pelamar di kemenag, yang membedakan adalah jenis tesnya misal pranata komputer bisa jadi akan di tes mengenai pemrograman, aplikasi, dll. 
  19. Baca aturan tentang jabatan yang dilamar, cari tahu tugasnya bagaimana agar mengetahui apakah kompetensinya sesuai dengan yang dimiliki. 
  20. Apabila memiliki gelar S2 namun melamar dengan Ijazah S1 pendidikan yang dicantumkan di sscasn dan suratnya bagaimana? Gunakan Pendidikan terakhir dengan Ijazah yang dilamar karena yang akan diseleksi adalah Ijazah yang diajukan yang ada dalam formasi yang dilamar. 
  21. Scan dokumen prinsipnya adalah dokumen yang diunggah dapat terbaca dengan baik jangan sampai blur, terlalu kecil dll. Mau menggunakan mesin atau aplikasi apapun yang terpenting jelas dokumennya. 
  22. Tanda tangan harus asli bukan tandatangan digital, elektronik ataupun digital dan scan. 
  23. Apabila melamar di pusat namun bertempat tinggal di Papua, menimbang jarak kemenag bisa mempertimbangkan akan diadakan ujian di SKD dan SKB di wilayah terdekat. 
  24. P3k yang mengikuti CPNS jika mendapat persetujuan dari Pyb tidak akan distop gaji dan tunjangannya. Baru ketika lulus dan dikasih NIP baru akan distop dan diberhentikan dan diganti menjadi PNS. 
  25. Pengisian pengalaman kerja tidak wajib diisi. Karena pada dasarnya CPNS diperuntukkan bagi semua pihak, namun demikian pengalaman pekerjaan bisa menjadi pertimbangan.
Ada yang mau menambahkan silahkan tulis di kolom komentar yah ?

Sumber : IG Kemenag

Demikian informasi penting ini, semoga kita semua dalam lindungan Tuhan Yang Maha Kuasa serta diberikan kesehatan selalu aaamiin. Semoga website ini mampu memberikan manfaat untuk semua. 

Agar tidak ketinggalan informasi silahkan bisa bergabung ke 

  1. Klik Follow atau Ikut di : Website Iin Solihin
  2. Klik Gabung FB : Grup FB Ampuh Tutorials
  3. Klik Gabung Youtube : www.youtube.com/c/AmpuhTutorials
  4. Klik Follow Saluran Tanpa Batas Info Penting : Channel Iin Solihin Ampuh Tutorials
  5. Kalau ada yang ingin berdonasi silahkan klik : https://saweria.co/ampuhtutorials

Terima kasih tetap semangat selalu sahabat semua
Wassalamualaikum, Sehat dan Sukses Selalu Semuanya.

#cpns #kemenag #2024 #rincianformasi #formasi

2 comments for "Q & A CPNS Kemenag Tahun 2024: Resume Pembahasan Tanya Jawab CPNS Kemenag di Live IG & VT 06 September 2024"

  1. Mau nanya kak, untuk poin no 22 hasil resume terkait ttd, maksudnya berarti surat pernyataan dan lamaran yang udah di buat diprint dan di ttd manual trus di scan lagi ya lembarannya baru kemudian di kasih e materai ? (kalo mau ngasih yang ematerai)

    ReplyDelete
  2. Hubungan dengan pelamar bagaimana ya
    Misalnya yang daftar anak
    Yang bertanggung jawab orang tua
    Itu berarti hubungannya dengan sipelamaranak/orang tua

    ReplyDelete